ARTIKEL KESEHATAN WANITA - PASUTRISEHAT.COM

Seperti Inilah 3 Cara Melancarkan Haid yang Tidak Teratur secara Alami


pasutrisehat.com – Siklus menstruasi merupakan perubahan fisiologis pada diri wanita yang disebabkan oleh beberapa faktor. Yaitu peluruhan dinding rahim akibat sel telur yang tidak dibuahi. Dan siklus menstruasi yang normal umumnya terjadi tetap setiap 28 hari. Namun banyak pula wanita yang memiliki siklus haid tidak lancar seperti jadwal biasanya. Jika anda termasuk wanita yang mengalami haid yang tidak lancar, berikut ini kami jelaskan mengenai cara melancarkan haid yang tidak teratur secara alami.

Haid yang Tidak Lancar dapat Menjadi Tanda ataupun Pemicu Munculnya Gangguan Kesehatan Reproduksi Wanita.

Meskipun begitu, anda tak perlu merasa khawatir. Dan tak perlu menggunakan obat berbahan kimia buatan untuk membantu merangsang datangnya haid. Berikut ini kami berikan cara melancarkan haid yang tidak lancar secara alami.

3 Cara Melancarkan Haid yang Tidak Teratur Secara Alami

1. Olahraga Teratur


Kebiasaan berolahraga rutin tidak hanya bagus untuk kesehatan tubuh. Olahraga yang teratur dan tepat juga dapat melancarkan siklus menstruasi anda yang tidak teratur, serta dapat mengatasi nyeri haid anda.

Untuk melancarkan haid secara almi, jenis olahraga yang dapat anda pilih adalah olahraga ringan yang mudah dilakukan. Seperti yoga, jogging, ataupun bersepeda.

2. Istirahat yang Cukup

Beristirahatlah dengan cukup. Sebab istirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain itu, stress yang dapat dipicu oleh kurangnya istirahat juga dapat mempengaruhi keseimbangan hormon tubuh. Sehingga dapat menyebabkan siklus haid anda menjadi tidak teratur.

Dan jangan pula memikirkan banyak hal yang dapat memicu strees, karena hal tersebut tidak baik untuk kelancaran haid.

3. Minum Ramuan Alami Melancarkan Haid

Kunyit merupakan bahan alami yang sangat efektif untuk melancarkan menstruasi. Kupaslah dan cuci bersih 1 ruas kunyit. Kemudian tumbuk hingga halus, dan tambahkan perasan air jeruk nipis. Aduk rata, dan minumlah setiap hari 1 gelas ramuan kunyit pelancar haid ini.

Demikianlah tips cara melancarkan haid tidak teratur secara alami. Saat semua tips di atas telah anda lakukan, namun tidak memberikan hasil yang positif, Segera konsultaskian ke dokter. Karena bisa saja hal itu dipengaruhi oleh penyakit yang sering mengiringinya.