ARTIKEL KESEHATAN REPRODUKSI - PASUTRISEHAT.COM, ARTIKEL KESEHATAN WANITA - PASUTRISEHAT.COM

WASPADA : 6 Jenis Penyakit Pada Organ Kewanitaan

organ kewanitaan, gambar penyakit kelamin wanita, penyakit gatal pada kemaluan wanita, penyakit seksual wanita, penyakit wanita yang berbahaya, tanda tanda penyakit sipilis pada wanita, penyakit bartholinitis, penyakit keputihan pada wanita, bintik putih pada kemaluan wanita

Vagina merupakan organ kewanitaan yang rentan terserang berbagai jenis penyakit. Penyakit pada organ kewanitaan dapat dihindari apabila Anda paham bagaimana cara merawat vagina yang benar. Karena jika Anda merawatnya dengan cara yang salah justru bisa menimbulkan jenis penyakit baru.

Pada umumnya penyakit pada organ intim wanita disebabkan oleh jamur dan bakteri yang masuk ke dalam vagina akibat dari faktor kesehatan. Disini akan dibahas penyakit apa saja yang mengganggu organ kewanitaan.

Jenis Penyakit Yang Mengganggu Organ Kewanitaan

Organ kewanitaan yang selalu terbuka memungkinkan masuknya berbagai benda asing termasuk bakteri yang menyebabkan penyakit. Meski demikian terkadang gangguan dari dalam juga dapat muncul dan menyebabkan timbulnya infeksi. Adapun jenis penyakit yang mengganggu organ kewanitaan antara lain sebagai berikut:

  1. Keputihan

Merupakan salah satu gangguan pada organ kewanitaan yang ditandai dengan keluarnya cairan dari vagina. Keputihan ada yang normal dan ada juga yang abnormal.

Keputihan normal terjadi apabila cairan yang keluar berwarna bening dan tidak berbau. Sedangkan keputihan abnormal terjadi jika cairan yang keluar disertai dengan rasa gatal, berwarna, dan berbau maka memungkinkan terjadinya infeksi akibat bakteri.

Jika Anda mengalami keputihan abnormal, segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

  1. Bacterial Vaginosis (BV)

Yang disebut Bacterial Vaginosis adalah salah satu jenis peradangan yang terjadi akibat lebihnya pertumbuhan dari bakteri alami yang tumbuh di dalam vagina. Adapun gejala dari Bacterial Vaginosis itu sendiri adalah:

  • Keputihan berwarna kehijauan.
  • Vagina terasa gatal.
  • Terbakar saat buang air kecil.
  • Muncul bau busuk atau amis pada vagina.
  1. Vaginismus

Gejala bagi wanita yang mengalami vaginismus yaitu penderita merasa kesakitan saat malakukan hubungan intim. Hal ini dikarenakan otot-otot pada vagina akan meremas atau kejang ketika ada sesuatu yang memasuki vagina tersebut.

Ada berbagai cara untuk menyembuhkan vaginismus, diantaranya melakukan latihan kegel dan penggunaan dilator vagina sebelum berhubungan intim.

  1. Vulvodynia

Adalah rasa sakit yang terjadi di sekitar daerah pembukaan vagina (vulva). Secara pasti belum diketahui apa penyebab dari vulvodynia. Tetapi dokter mengidentifikasikan bahwa gangguan ini terjadi karena faktor hormonal dan syaraf pada vulva. Adapun secara umum gejalanya yaitu muncul rasa nyeri yang disertai dengan:

  • Perasaan terbakar pada area vagina.
  • Muncul denyutan didalam vagina.
  • Timbul rasa gatal pada area intim.
  • Jika bercinta terasa menyakitkan.
  1. Trichomoniasis

Merupakan salah satu penyakit menular seksual (PMS) yang terjadi akibat organisme kecil yang disebut Trichomonas Vaginalis. Gejala dari trichomoniasis itu sendiri adalah:

  • Vagina mengalami iritasi.
  • Muncul keputihan abnormal berwarna hijau, berbusa dan berbau.
  • Terasa nyeri saat buang air kecil.
  • Ketidaknyamanan saat berhubungan seksual.
  • Nyeri pada perut bagian bawah.
  • Vagina terasa gatal.
  1. Varises Vagina

Biasanya terjadi pada wanita hamil, hal ini dikarenakan akibat adanya peningkatan volume darah dan penurunan kecepatan aliran darah dari tubuh bagian bawah. Hal ini menyebabkan timbulnya tekanan pada pembuluh darah. Dalam kasus ekstrim, pembuluh darah yang melebar dapat terlihat seperti cacing.

Gejala varises vulva antara lain:

  • Adanya perasaan penuh atau tekanan di daerah vulva.
  • Pembengkakan vulva dan ketidaknyamanan.

Ternyata itulah berbagai jenis gangguan penyakit yang dapat menyerang organ kewanitaan. Maka dari itu, seorang wanita harus menjaga daerah kewanitaan secara benar agar terhindar dari berbagai jenis gangguan penyakit yang disebutkan diatas. Semoga bermanfaat