ARTIKEL KESEHATAN WANITA - PASUTRISEHAT.COM

Ketahuilah Cara Mengatasi Nyeri Pada Vagina (Vulvodynia) Sejak Dini

mengatasi nyeri pada vagina, obat vulvodynia, definisi vulvodynia, gejala vulvodynia, nyeri pada kemaluan wanita, sakit pada kemaluan wanita ketika kencing, nyeri pada kemaluan saat kencing, miss v sakit setelah berhubungan intim, ngilu pada miss v, sakit diatas kemaluan sebelah kiri, sakit diatas kemaluan wanita, mengatasi nyeri pada vagina, macam-macam cara mengatasi nyeri pada vagina,

Anda pernah merasakan rasa nyeri pada vagina? Jika iya, rasa nyeri pada vagina dalam istilah medis disebut dengan vulvodynia. Vulvodynia merupakan kondisi dimana timbul rasa sakit kronis di sekitar daerah pintu masuk vagina (vulva). Untuk penyebab rasa nyeri pada vagina (vulvodynia) tidak dapat diidentifikasikan.

Rasa nyeri pada vagina (vulvodynia) ditandai dengan beberapa gejala seperti rasa sakit, terbakar atau iritasi, dan berdenyut yang sangat menyakitkan. Dengan adanya gejala tersebut, seorang wanita yang mengalami vulvodynia akan merasa tidak nyaman bahkan menjadi tidak bergairah saat melakukan hubungan seksual.

Kondisi tersebut berlangsung selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Lalu bagaimana cara mengatasi nyeri pada vagina tersebut?

Inilah Cara Mengatasi Nyeri Pada Vagina (Vulvodynia)

Mengatasi nyeri pada vagina fokus pada menghilangkan gejalanya. Cara mengatasi nyeri pada vagina membutuhkan waktu berminggu-minggu bahkan bisa jadi berbulan-bulan. Adapun cara mengatasi nyeri pada vagina antara lain:

1. Obat-Obatan

Jika Anda mengalami gejala di atas, segeralah konsultasikan dengan dokter, dokter akan memberikan resep antidepresan trisiklik atau antikonvulsan yang dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada vagina. Selain dokter juga akan memberikan antihistamin untuk mengurangi rasa gatal pada vagina.

2. Terapi Biofeedback

Cara mengatasi nyeri pada vagina dapat dilakukan dengan terapi biofeedback. Terapi biofeedback dapat membantu mengurangi rasa sakit dengan mengajarkan penderita vulvodynia mengendalikan respon pada tubuh tertentu.

Tujuan terapi biofeedback untuk membantu Anda merasa rileks sehingga mengurangi rasa nyeri pada vagina. Untuk mengatasi vulvodynia, terapi ini berguna untuk mengendurkan otot panggul yang dapat konstraksi untuk mengantisipasi rasa sakit yang kronis.

3. Bius Lokal

Dengan memberikan obat-obatan seperti salep lidocaine dapat memberikan bantuan sementara untuk meringankan gejala. Untuk menggunakan salep lidocaine, dokter menyarankan 30 menit sebelum melakukan hubungan intim untuk mengurangi ketidaknyamanan. Jika menggunakan salep lidocaine, pasangan juga merasakan mati rasa sementara setelah kontak seksual.

4. Terapi Dasar Panggul

Banyak wanita dengan vulvodynia memiliki masalah dengan otot-otot dasar panggul yang mendukung rahim, kandung kemih, dan usus. Terapi dasar panggul bertujuan untuk memperkuat otot-otot dasar panggul yang membantu meringankan rasa nyeri pada vagina.

5. Blok Saraf

Cara mengatasi nyeri pada vagina apabila sudah dilakukan berbagai pengobatan namun tidak ada respon atau tidak mempan, seorang wanita yang menderita vulvodynia akan diberi suntikan blok saraf lokal.

6. Operasi

Dalam kasus di mana daerah yang sakit melibatkan area yang kecil (lokal vulvodynia, vulva vestibulitis), operasi untuk mengangkat kulit dan jaringan yang terkena dapat mengurangi rasa sakit pada beberapa wanita. Prosedur operasi tersebut dikenal dengan nama vestibulectomy.

Nah, itulah berbagai cara untuk mengatasi nyeri pada vagina (vulvodynia). Jika Anda merasakan gejala dari vulvodynia, segeralah konsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut sebelum terlambat!! Semoga bermanfaat