ARTIKEL KESEHATAN WANITA - PASUTRISEHAT.COM

Girl, Inilah Cara Merawat Organ Intim Yang Benar

cara merawat organ kewanitaan, cara merawat organ kewanitaan secara alami, merawat organ kewanitaan, cara merawat organ kewanitaan agar tidak bau, cara merawat organ kewanitaan agar wangi, cara mudah merawat organ kewanitaan, tips merawat organ kewanitaan secara alami, cara untuk merawat organ kewanitaan, merawat organ vital wanita, cara merawat organ intim kewanitaan, organ intim, cara merawat organ intim,

Vagina adalah organ intim yang wajib dijaga kebersihannya. Jika kebersihan vagina tidak dijaga akan menjadi sarang bakteri dan menimbulkan berbagai macam penyakit. Dewasa ini banyak wanita yang mengeluarkan biaya mahal untuk melakukan perawatan organ intim.

Cara merawat organ intim sebenarnya tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Sebenarnya cara merawat organ intim bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan mudah. Namun, cara merawat organ intim harus benar jangan hanya asal-asalan.

Lalu bagaimana cara merawat organ intim yang benar? Untuk mengetahui cara merawat organ intim dengan benar, ikutilah cara di bawah ini.

Inilah Cara Merawat Organ Intim Dengan Benar
  1. Membersihkan Organ Intim

Bersihkan organ intim Anda dengan cara membasuh pada bagian vulva (mulut rahim) dengan air hangat, tanpa sabun atau produk khusus lainnya. Pastikan saat Anda membersihkannya dari depan ke belakang, bukan sebaliknya. Hal ini dikarenakan untuk mencegah mikroba atau bakteri dari anus masuk ke dalam organ intim atau vagina. Setelah itu lap atau keringkan dengan handuk lembut atau tisu. Lakukan hal ini ketika mandi maupun setelah buang air kecil atau buang air besar.

  1. Ganti Pembalut

Ketika Anda menstruasi, gantilah pembalut Anda  3-4 jam sekali untuk memastikan vagina tetap bersih dan tidak lembab. Penggantian pembalut pada durasi tersebut untuk menghindari tumbuhnya potensi bakteri atau jamur yang sangat besar.

  1. Hindari Penggunaan Panty Liners

Jangan terlalu sering menggunakan panty liners. Jika terlalu sering akan menyebabkan vagina tidak bisa bernapas dengan bebas sehingga vagina menjadi lembab dan memicu mikroba berkembang biak. Sebaiknya gunakan panty liners sebelum dan setelah menstruasi saja. Karena saat itu banyak mengeluarkan flek.

  1. Hindari Pakaian Ketat

Jangan menggunakan pakaian atau celana yang ketat karena akan membuat organ intim menjadi lembab sehingga bakteri dengan mudah berkembang dan menyebabkan vagina gatal. Pakailah pakaian atau celana yang mudah menyerap keringat seperti yang berbahan katun.

  1. Hindari Produk Pembersih Organ Intim

Jangan terlalu sering menggunakan produk pembersih khusus untuk organ intim. Dikarenakan organ intim memiliki sistem pembersih alami. Sering kali produk pembersih tersebut mengganggu pH normal vagina sehingga memicu iritasi atau bakteri.

  1. Minum Susu Secara Teratur

dr. Junita Indarti, SpOG yang merupakan dokter kandungan di RS Cipto Mangunkusumo mengunggapkan sebuah penilitian yang pernah dilakukannya.

Uji klinis dilakukan dengan cara memanfaatkan ekstrak susu,” ujar dr. Junita.

Susu mengandung zat aktif yang diesktrak menjadi asam laktat dan laktoserum yang secara klinis terbukti mengurangi keluhan gatal pada vagina, rasa terbakar dan keputihan.

Penelitian kami terhadap 71 kasus fluor albus (keputihan) dengan keluhan rasa gatal, terbakar dan keputihan menunjukkan pengurangan rasa gatal sebesar 86,1%, pengurangan rasa terbakar 87,5% dan pengurangan keputihan 81,1% setelah pasien dirawat dengan pemberian larutan asam laktat dan laktoserum dua kali sehari selama dua minggu.” papar dr. Junita.

Nah, itulah cara merawat organ intim yang bisa Anda lakukan agar tetap sehat dan bersih. Sangat mudah bukan? Tanpa mengeluarkan banyak biaya, Anda bisa merawat organ intim Anda dengan cara yang benar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.