ARTIKEL KESEHATAN WANITA - PASUTRISEHAT.COM

Kenali Ciri-Ciri Kanker Payudara Sejak Dini

kanker payudara, kanker payudara stadium 1, gambar kanker payudara, cara mencegah kanker payudara, kanker payudara stadium 4, pengobatan kanker payudara, kanker payudara stadium 3, kanker payudara stadium 2, cara mengobati kanker payudara

Kanker payudara merupakan suatu penyakit yang membahayakan serta menakutkan bagi wanita setelah kanker serviks. Mengenal ciri-ciri kanker payudara sejak awal merupakan suatu hal penting yang harus diketahui oleh para wanita. Tetapi banyak masyarakat awam yang tidak mengetahui ciri-ciri adanya kanker payudara. Mereka baru mengetahui adanya penyakit tersebut yang menyerangnya ketika sudah memasuki stadium lanjut.

Cegah dan hentikan perkembangan kanker payudara sebelum kebahagiaan Anda berkurang. Untuk mencegahnya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja ciri-ciri kanker payudara.

Ciri-Ciri Kanker Payudara yang Harus Diketahui

Memiliki risiko atau tidak, tentu tidak ada salahnya untuk mengetahui ciri-ciri adanya penyakit tersebut.

  1. Rasa nyeri payudara

Anda harus waspada jika payudara terasa nyeri. Biasanya masalah payudara terasa nyeri diakibatkan oleh siklus menstruasi. Namun Anda yang merasakan nyeri yang tak kunjung hilang dan tidak karena siklus menstruasi, segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

  1. Adanya benjolan disekitar payudara

Benjolan merupakan gejala umum dari kanker payudara. Benjolan yang terjadi bentuknya keras dan tidak sakit, tetapi ada juga yang terasa sakit. Jika payudara Anda terdapat benjolan aneh, segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

  1. Perubahan warna pada payudara

Payudara akan menjadi kemerahan seperti adanya iritasi, tekstur kulit terasa seperti kulit jeruk, permukaan kulit area payudara yang terkena kanker tampak berlekuk-lekuk, dan terjadi penebalan kulit.

  1. Pembengkakan

Adanya pembengkakan di tulang selangka atau ketiak disebabkan oleh peradangan akibat adanya kanker payudara. Hal ini dikarenakan kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening area tersebut.

  1. Perubahan pada puting payudara

Dikatakan adanya perubahan hal ini dikarenakan puting payudara masuk kedalam, kulitnya menebal, dan menjadi merah atau bersisik.

  1. Keluarnya cairan dari puting

Anda tidak menyusui namun tiba-tiba keluar cairan dari dalam puting bisa pertanda adanya penyakit kanker payudara. Jika cairan berwarna putih atau bening maka belum termasuk tahap serius. Namun jika cairan berwarna kecokelatan atau merah darah berarti sudah termasuk tahap kronis. Segera lakukan pemeriksaan.

Upaya Mendeteksi Kanker Payudara Sejak Dini

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendeteksi adanya kanker payudara, diantaranya:

  1. Melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI)
  • Lepasakan pakaian dan berdiri di depan cermin.
  • Amati jika terdapat perubahan fisik pada payudara Anda.
  • Angkat satu tangan ke atas dan rabalah bagian payudara dengan seksama.
  • Perhatikan dengan benar, jika Anda menemukan benjolan sebaiknya lakukan pemeriksaan medis untuk mendapatkan diagnosis yang lebih akurat

Cara ini baik dilakukan seminggu setelah menstruasi, waktu seminggu setelah menstruasi sangat tepat karena pada saat itu hormon estrogen dan progesteron berada pada kadar yang rendah.

  1. Mammogram

Merupakan suatu metode yang menggunakan sinar X untuk melakukan pemeriksaan apakah ada benjolan dalam payudara atau tidak. Tetapi cara ini tidak dapat memastikan apakah benjolan tersebut merupakan sel kanker atau bukan.

  1. Ultrasound

Metode ini dikenal dengan USG, dapat digunakan untuk mendeteksi adanya benjolan pada payudara. Jika benjolan yang ditemukan berukuran kecil, dapat dilakukan Fine Needle Aspiration (FNA) untuk memeriksa dan mengangkat benjolan tersebut. Namun apabila benjolan berukuran sedang atau besar dan padat serta berpotensi menimbulkan kanker, maka segera konsultasi dengan dokter. Biasanya dokter akan menyarankan operasi pengangkatan payudara sebagian atau pengangkatan payudara total.

Nah, itulah ciri-ciri kanker payudara dan upaya untuk mendeteksi adanya kanker payudara. Jika Anda menemui ciri-ciri tersebut di payudara Anda, segera lakukan pemeriksaan sejak dini ke dokter. Apapun penyakitnya jika penanganan lebih cepat dan tepat akan memberikan kesembuhan terbaik bagi Anda.