ARTIKEL KESEHATAN REPRODUKSI - PASUTRISEHAT.COM, ARTIKEL KESEHATAN WANITA - PASUTRISEHAT.COM

6 Makanan Yang Berkhasiat Untuk Kesehatan Rahim

makanan untuk kesehatan rahim, makanan kesehatan rahim, cara menjaga kesehatan rahim sejak dini, tanda rahim sehat dan subur, cara merawat rahim agar tetap subur, cara menjaga kesehatan rahim sebelum menikah, cara menjaga rahim sebelum hamil, cara menjaga kesuburan rahim agar cepat hamil, kesehatan rahim wanita kumpulan tips, resep kesehatan rahim wanita,

Menjaga kesehatan pada organ reproduksi memang sangat penting bagi pria maupun wanita. Terutama bagi kaum wanita, menjaga kesehatan rahim sangat penting untuk menunjang sistem reproduksi. Kesehatan rahim merupakan kebahagian tersendiri bagi wanita. Hal ini dikarenakan rahim memiliki peran yang sangat penting yaitu sebagai tempat untuk menerima pembuahan sel telur (ovum) yang kemudian tertanam ke dalam endometrium. Setelah pembuahan, ovum akan disimpan di rahim hingga menjadi janin yang siap untuk dilahirkan.

Maka dari itu penting sekali bagi wanita untuk menjaga kesehatan rahim supaya sistem reproduksi tidak mengalami gangguan. Anda bisa menerapkan pola hidup yang sehat serta mengkonsumsi makanan yang bergizi agar rahim tetap sehat dan subur.

Jenis makanan yang bermanfaat untuk kesehatan rahim, antara lain:

  1. Sayuran Hijau

Sayuran mempunyai banyak manfaat, salah satunya untuk menjaga kesehatan rahim pada wanita. Terutama sayuran hijau berguna untuk menyeimbangkan basal pada rahim dan mampu mengoptimalkan fungsi sistem saraf. Jenis sayuran hijau banyak sekali, diantaranya kangkung, bayam, brokoli, dll.

  1. Buah-buahan

Merupakan sumber yang kaya vitamin dan bioflavonoid. Bioflavonoid mencegah kanker ovarium dan membantu menjaga sistem reproduksi Anda. Mengkonsumsi buah-buahan dapat membantu menghambat pertumbuhan fibroid (tumor jinak dalam rahim).

  1. Olahan Susu

Tidak hanya mengkonsumsi susu saja, tetapi juga produk yang berbahan dasar susu. Seperti yogurt, keju, mentega, dll. Dikarenakan susu mengandung vitamin D yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan rahim dan mencegah fibroid.

  1. Teh Hijau

Teh hijau mengandung senyawa yang berperan sebagai antioksidan dan menangkal radikal bebas. Yang berguna untuk mengurangi pertumbuhan dan jumlah fibroid di dalam rahim. Sehingga sangat dianjurkan bagi Anda yang mengalami fibroid untuk mengkonsumsi teh hijau.

  1. Makanan Berserat

Mengkonsumsi makanan berserat sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan rahim. Hal ini dikarenakan mampu mencegah produksi hormone esterogen yang berlebihan yang mengakibatkan fibroid. Makanan yang mengandung serat misalnya gandum, sereal, sayuran dan buah-buahan.

  1. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Jenis makanan ini mengandung asam lemak omega-3 dan kolesterol baik. Asam lemak omega-3 bermanfaat untuk mencegah terjadinya fibroid, sedangkan kolesterol baik bermanfaat untuk kesehatan bayi selama dalam kandungan dan mencegah timbulnya kecacatan pada bayi.

Nah, itulah beberapa makanan yang dapat menjaga kesehatan rahim. Tidak sulit bukan menjaga kesehatan rahim dengan menerapkan pola makan yang sehat serta bergizi? Selain itu perlu juga diimbangi dengan latihan yoga. Dikarenakan yoga tecatat sebagai metode latihan yang mampu menjaga kesehatan rahim. Dan lakukan pemeriksaan atau pap smear setahun sekali yang merupakan tes skrining untuk mendeteksi dini perubahan atau abnormalitas dalam sel-sel mulut rahim (serviks) sebelum sel-sel tersebut menjadi kanker.