ARTIKEL KESEHATAN WANITA - PASUTRISEHAT.COM

Ternyata Inilah Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

menstruasi tidak lancar, penyebab menstruasi tidak lancar

Menstruasi merupakan proses luruhnya dinding rahim yang keluar menjadi darah, biasanya terjadi selama 3-7 hari. Siklus menstruasi dikatakan normal atau lancar apabila terjadi selama 28-35 hari dan terjadi sebanyak 11-13 kali menstruasi dalam setahun. Tiap wanita mengalami siklus menstruasi yang berbeda-beda, bisa lebih pendek ada juga yang lebih panjang.

Sedangkan siklus menstruasi yang terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari dikatakan tidak normal atau tidak lancar. Biasanya menstruasi yang tidak lancar disertai dengan rasa nyeri atau kram pada perut yang berlebihan saat menstruasi.

Apa Penyebab Menstruasi Tidak Lancar?

Menstruasi tidak lancar bisa terjadi diawal beberapa tahun Anda mengalami menstruasi atau akan menjelang menopause. Tetapi bagi Anda yang menstruasinya tidak lancar bukan karena hal tersebut, inilah penyebab lainnya, antara lain sebagai berikut:

  1. Kehamilan

Jika menstruasi Anda terlambat atau terhenti, coba lakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan apakah Anda hamil atau tidak.

  1. Alat Kontrasepsi

Seperti menggunakan IUD (spiral) dan pil KB bisa menyebabkan perubahan flek diantara siklus menstruasi. IUD bisa menyebabkan darah yang keluar lebih banyak dari biasanya. Sedangkan pada saat awal penggunaan pil KB darah yang keluar akan lebih sedikit dan akan terhenti beberapa bulan kemudian.

  1. Gaya Hidup

Orang yang mengalami penurunan berat badan secara drastis ataupun yang kelebihan berat badan (obesitas) juga mengakibatkan menstruasi menjadi tidak lancar. Selain itu, olahraga yang berlebihan, kurangnya istirahat dan mengalami stres juga dapat mempengaruhi siklus menstruasi Anda.

  1. Gangguan Hormon Tiroid

Tiroid mempunyai peran penting yaitu untuk memproduksi hormon yang dapat mengatur metabolisme tubuh. Jika tiroid Anda bermasalah, maka akan mengakibatkan berat badan Anda turun drastis. Sehingga dapat mempengaruhi siklus menstruasi Anda menjadi tidak lancar.

  1. Sindrom Ovarium Polikistik

Adalah suatu kumpulan gejala yang disebabkan oleh kista kecil di dalam indung telur. Keberadaan kista ini mengakibatkan hormon menjadi tidak seimbang, seperti hormon testosteron yang meningkat dan melebihi batas normal yang seharusnya wanita hanya memiliki sedikit hormon tersebut. Ketidaknormalan juga terjadi pada proses pelepasan sel telur. Ini menyebabkan Anda tidak mengalami menstruasi, atau mengalami menstruasi tapi darah yang keluar hanya sedikit.

Nah, itulah yang menyebabkan menstruasi Anda menjadi tidak lancar. Menstruasi tidak lancar dan disertai dengan rasa nyeri atau kram pada perut memang sangat mengganggu aktivitas wanita sehari-hari. Anda tidak perlu langsung menghubungi dokter. Cobalah cari penyebabnya terlebih dahulu dan lakukan olahraga untuk mengurangi rasa nyeri atau kram pada perut saat menstruasi.

Tetapi jika menstruasi Anda tidak lancar dan mengalami flek atau pendarahan setelah melakukan hubungan intim, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Semoga Bermanfaat