ARTIKEL KESEHATAN REPRODUKSI - PASUTRISEHAT.COM

Ragam Olahraga Untuk Mengurangi Nyeri Haid Secara Alami

Ragam Olahraga Untuk Mengurangi Nyeri Haid Secara Alami, Mengurangi Nyeri Haid, Obat Nyeri Haid, Haid, Cara Mengatasi Nyeri Haid, Mengatasi Nyeri Haid, Cara Mengatasi Nyeri Haid, Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid, Haid Tidak Teratur, Cara Meredakan Nyeri Haid, Obat Sakit Haid, Sakit Haid, Cara Melancarkan Haid, Menghilangkan Nyeri Haid, Cara Mengobati Nyeri Haid, Obat Sakit Perut Saat Haid, Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Haid, Cara Mengurangi Nyeri Haid, Mengatasi Nyeri Saat Haid, Meredakan Nyeri Haid, Cara Mengatasi Sakit Haid, Sakit Saat Haid, Obat Alami Nyeri Haid, Cara Mengatasi Nyeri Haid Dengan Cepat, Menghilangkan Nyeri Saat Haid, Sakit Perut Saat Haid,
Pasutrisehat.com – Premenstrual Syndrome (PMS) adalah hal lumrah yang dialami setiap wanita. Pada saat tersebut, wanita menjadi lebih mudah marah, merasakan nyeri haid, dan cenderung jadi malas saat waktu haid. Hal tersebut terjadi karena perubahan hormon yang drastis dalam tubuh wanita. Tahukah anda bahwa beberapa jenis olahraga dapat mengurangi nyeri haid yang sangat mengganggu?

Olahraga memang telah terbukti mampu melancarkan sirkulasi darah, hingga meringankan kram akibat menstruasi. Aktivitas olahraga ringan ini mampu merangsang tubuh untuk memproduksi hormon beta-endorfin yang merupakan zat oplold internal yang berfungsi sebagai zat anti nyeri alami. Igin tahu apa saja olahraga yang dapat mengurangi nyeri haid? Berikut ini Ragam Olahraga untuk mengurangi nyeri haid.

6 Ragam Olahraga untuk Mengurangi Nyeri Haid Secara Alami

  1. Yoga

Yoga adalah ragam olahraga yang cocok dilakukan untuk mengurangi nyeri haid. Aktivitas yoga terdiri dari kegiatan fisik yang dikombinasikan dengan meditasi. Aktivitas ini telah terbukti mampu meringankan kram perut akibat menstruasi. Lakukan olahraga yoga rutin setidaknya 60 menit sekali tiap minggu.

  1. Bersepeda

Bersepeda dapat membantu tubuh dalam pelepasan hormon beta-endorfin yang berfungsi sebagai hormon pereda nyeri, dan pembakar hormon prostaglandin. Yaitu zat penyebab kontraksi otot perut. Bersepedalah setidaknya 30 menit 3 kali dalam seminggu. Maka nyeri haid yang biasa anda alami pun perlahan akan menghilang.

  1. Berenang

Olahraga yang sangat dianjurkan untuk mengurangi nyeri haid adalah berenang. Namun, saat anda berenang untuk mengurangi nyeri haid ini, anda harus memastikan jenis pembalut yang anda pakai tepat, dan harus terarur menggantinya. Agar terhindar dari infeksi virus maupun bakteri yang tak diinginkan.

  1. Jalan cepat

Saat anda mengalami kram perut saat haid, anda sangat dianjurkan untuk melakukan latihan kardio dalam intensitas dan kecepatan rendah. Salah satu caranya adalah dengan jalan cepat. Aktivitas ini akan membantu membentuk otot dan meningkatkan detak jantung. Anda bisa berjalan santai sambil mengelilingi lingkungan rumah selama 30 menit.

  1. Plank

Berbaringlah menelungkup di lantai dengan posisi lurus, lalu lipat tangan dan siku di bawah dada. Angkat tubuh perlahan dengan menggunakan lengan bawah dan jempol kaki. Tahan sikap ini beberapa lama dan ulangi beberapa kali.

  1. Menari

Mungkin ini tak terdengar seperti olahraga, namun cara ini bisa membantu Anda membakar lemak sekaligus mengurangi gejala sakit perut.

Inilah ragam olahraga yang dapat mengurangi nyeri haid secara alami. Lakukan olahraga rutin tiap minggu untuk mengurangi maupun mencegah terjadinya nyeri atau kram perut saat haid. Selamat mencoba dan nikmati tubuh yang sehat tanpa nyeri haid.