ARTIKEL KESEHATAN WANITA - PASUTRISEHAT.COM

Ladies, Inilah Tips Memilih Pembalut yang Aman dan Sehat Saat Menstruasi


Pembalut yang aman adalah hal barang yang sangat diperlukan oleh kaum wanita saat menstruasi tiba. Namun akhir-akhir ini banyak bermunculan beberapa merk pembalut yang berbahaya. Hal ini tentu membuat kaum wanita merasa khawatir untuk memilih pembalut yang aman digunakan saat menstruasi.

Mengingat pembalut wanita adalah produk sekali pakai, banyak produsen nakal yang menjadikan kertas bekas dan pulp sebagai bahan baku dalam pembuatan pembalut wanita. Bahan yang dipakai tersebut mulai dari kertas koran, kardus, hingga karton bekas. Yang pasti bahan tersebut penuh dengan bakteri dan kuman-kuman, serta bermacam pewarna sintetis, dan berbau.

Dalam proses daur ulang kertas untuk pembuatan pembalut itu tentunya banyak bahan kimia mengandung khlor. Yang digunakan untuk proses pemutihan bahan baku, untuk proses sterilisasi kuman-kuman serta untuk menghilangkan bau pada bahan baku hasil daur ulang. Proses pemutihan tersebut akhirnya menimbulkan senyawa baru yang dinamakan dioxin yang bisa menjadikan pembalut wanita berbahaya.

Maka dari itu, sangat penting bagi para wanita untuk mengetahui tips memilih pembalut yang aman dan sehat. Bagaimana cara mengetahui pembalut yang aman? Berikut ini tips nya.

3 Tips Memilih Pembalut Yang Aman dan Sehat Saat Menstruasi

1. Pilih Pembalut yang Memiliki Daya Serap Tinggi

Untuk pembalut yang aman dan sehat, pilihkan pembalut yang berdaya serap tinggi. Anda dapat mengetesnya dengan cara menuangkan 35-50ml air pada permukaan pembalut. Diamkan sebentar, kemudian letakkan selembar tisu kering pada permukaan pembalut, tekan dengan kuat.

Jika tisu tersebut tetap kering, berarti pembalut tersebut memiliki daya serap yang tinggi.

2. Hindari Pembalut yang Mengandung Pewangi

Demi keamanan dan kesehatan anda, sebaiknya anda menghindari pembalut berpewangi. Pewangi yang digunakan pada pembalut ini tentunya terbuat dari bahan kimia. Adanya bahan kimia tersebut tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan organ intim anda. Dalam jangka panjang, hal tersbut dapat menyebabkan infesi jamur hingga kencing nanah.

3. Cek Terlebih Dahulu Kualitas Pembalut yang Aman

Sebelum anda menggunakan pembalut saat menstruasi, ada baiknya anda mengecek telebih dahulu apakah pembalut itu berkualitas bagus atau tidak. Bagaimana cara mengeceknya? Oke. Berikut ini penjelasannya.

  • Sobek produk pembalut, kemudian ambil bagian dalamnya.
  • Masukkan bagian dalam pembalut tadi pada segelas air putih dalam geas yang bening. Kemudian aduk dengan sumpit.
  • Lihatlah perubahan warna air.
  • Jika produk tadi hancur seperti gulungan kertas, bukan kapas, dan airnya keruh, berarti anda menggunakan produk yang berkualitas buruk dan banyak mengandung bahan pemutih.
  • Bahan pemutih tersebut mengandung dioksin. Yang dapat menyebabkan banyak masalah pada organ intim wanita. Seperti keputihan, gatal-gatal, iritasi, juga pemicu terjadinya kanker serviks.

Seperti itulah cara memilih pembalut yang aman bagi wanita saat menstruasi. Selain hanya dengan memilih pembalut yang sehat, ladies juga harus rutin mengganti pembalut setidaknya 2-3 jam sekali yaa. Jangan sampai anda malas mengganti pembalut. Sebab jarang mengganti pembalut sangat beresiko menimbulkan iritasi, jamur, dan masalah organ kewanitaan yang lain.